Minggu, 10 Oktober 2010

Usaha Salon Mobil

Usaha bengkel mobil maupun salon mobil, lazimmya memang memiliki sebuat tempat atau bengkel kerja. Akan lebih baik lagi jika bengkel kerja ini berada pada tempat yang strategis, sehingga orang-orang bisa melihat proses dan hasil kerjanya. Semakin ramai bengkelnya, semakin menarik hati orang untuk menggunakan jasa salon mobil Anda.
Tempat yang strategis memang akan sangat membantu pemasaran usaha salon mobil Anda. Namun dengan modal yang terbatas, hal ini menjadi masalah karena tidak tersedianya cukup dana untuk memiliki atau menyewa tempat yang strategis. Mahalnya sewa tempat, memang menjadi kendala jika modal anda terbatas. Untuk menyiasati halangan ini, memang dibutuhkan berbagai cara yang kreatif, berikut ini adalah beberapa saran saya untuk masalah tempat usaha:
Beberapa tempat yang strategis sebenarnya bisa dikuasai dengan berbagai macam cara, antara lain:
  • Dengan Cara Kontrak
    Dengan modal minim, tentu kita belum bisa membeli tempat tersebut, namun Anda masih bisa mengontraknya. Usahakan agar Anda bisa mengontraknya untuk waktu 2 – 3 tahun sekaligus, tetapi Anda harus perhitungan dalam cara-cara pembayarannya. Misalnya, bayarlah dulu langsung untuk satu tahun. Sedangkan untuk tahun berikutnya, minta waktu tiga atau empat bulan mendatang. Hal itu merupakan keringanan yang cukup besar. Apalagi jika usaha salon mobil Anda langsung bisa operasional. Dengan demikian, hasil keuntungannya bisa untuk tambah-tambah membayar sewa tempat.
  • Dengan Cara Kompromi
    Jika Anda tidak mampu mengontraknya pertahun, maka berkompromilah dengan pemilik tempat agar Anda bisa membayar secara bulanan. Nyatakan bahwa Anda mungkin akan membyar lebih besar dalam hitungan pertahun, tetapi (sementara) pembayaran perbulan. Biasanya pemilik akan senang mendapat pembayaran lebih besar, sedangkan Anda lebih memperoleh keringanan karena membayar secara perbulan.
  • Dengan Cara Kerjasama
    Kerjasama yang Anda tawarkan kepada pemilik tempat adalah dengan pembagian keuntungan. Anda juga bisa membuat kesepakatan berapa persen hak pemilik tempat, dan berapa persen hak Anda. Misalnya 70% untuk Anda dan 30% untuk pemilik tempat. Namun sebaiknya, dalam kerjasama tersebut, pengelolaan usaha harus ada pada Anda. Artinya, Anda adalah pemilik perusahaan sedangkan pemilik rumah atau tempat usaha adalah partner usaha Anda.
Bisa saja jika Anda ingin berkonsentrasi pada layanan panggil ke rumah, namun sebaiknya juga sambil menawarkan jasa yang lain yang berkaitan dengan salon mobil tersebut. Sehingga semakin banyak variasi jasa yang ditawarkan, semakin memenuhi kebutuhan orang yang bermacam-macam terhadap perawatan mobilnya. Anda juga bisa menawarkan program paket hemat, diskon, atau layanan khusus untuk para langganan. Cara-cara promosi yang kreatif serta kualitas pelayanan jasa tentunya akan sangat membantu menjaga kesetiaan para pelanggan. Harapannya dari pelanggan yang puas dengan jasa salon mobil Anda, nantinya akan mempromosikan salon mobil Anda kepada orang lain.



http://www.perencanakeuangan.com/files/UsahaSalonMobil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar